Tips Sukses dalam Karir Seorang PNS

Tips Sukses dalam Karir Seorang PNS

DJIKP Kominfo – Menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS merupakan cita – cita berjuta masyarakat Indonesia. Maka tak heran jika setiap ada pembukaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS), orang-orang pun begitu antusias untuk mengikutinya. Bahkan, beberapa yang sudah bekerja pun rela mengambil cuti demi bisa mengikuti tes ini.

Hal ini tidak lepas dari beragam keuntungan yang bisa didapatkan jika menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS. Diantaranya, potensi kenaikan gaji terjamin, kehidupan setelah pensiun juga tetap terjamin, tidak akan kena PHK, mudah pinjam uang di Bank dan lain sebagainya. Selain itu menjadi PNS juga merupakan tugas mulia dalam membantu pemerintahan.

Dengan banyaknya keuntungan yang bisa didapat, apakah Anda ingin menjadi seorang PNS? Nah, dalam artikel ini kami akan membahas beberapa tips sukses menjadi seorang PNS, agar karir Anda melesat.

Ramah kepada Masyarakat

Salah satu tugas PNS yang tak lain adalah melayani masyarakat. Sebagai abdi masyarakat, Anda harus bersikap ramah kepada publik. Misalnya, Anda bisa memberikan senyuman ramah saat melayani masyarakat. Apalagi, PNS menjadi panutan bagi masyarakat. Sudah sepantasnya harus memberikan teladan yang baik.

Menjunjung tinggi martabat diri

Sikap mental yang harus dimiliki sebagai seorang Abdi Negara adalah menjunjung tinggi martabat diri dengan bekerja untuk melayani masyarakat. Martabat atau harga diri seseorang tergantung dari apa yang diperbuat untuk orang lain, bukan karena apa yang dimilikinya.

Pandai Membagi Waktu

Dalam Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 1995 telah ditentukan jam kerja instansi pemerintah adalah 37 jam 30 menit per minggu, baik untuk 5 (lima) hari kerja maupun 6 (enam) hari kerja sesuai yang ditetapkan Kepala Daerah masing-masing.

Waktu kerja yang relatif singkat ini akan membuat Anda harus pandai-pandai membagi waktu, terlebih jika Anda punya setumpuk pekerjaan. Anda takkan bisa mengerjakan sederet tugas jika tidak bisa memanfaatkan waktu secara optimal.

Caranya? Anda bisa mengerjakan tugas yang paling mudah terlebih dahulu, baru yang susah. Atau, kurangi bermain medsos dan berselancar di dunia maya. Aktivitas ini justru akan membuat Anda menjadi kurang produktif. Malah, kegiatan ini bisa membuat tugas Anda semakin bertumpuk keesokan harinya.

Jujur dan Integritas Tinggi

Saat lolos menjadi CPNS, ada kemungkinan muncul rasa bosan. Perasaan ini datang saat Anda merasa rutinitas kerja yang monoton.

Perasaan bosan juga seringkali menghantui diri dan merasa pekerjaannya menjadi beban. Di sinilah, perasaan berat hati bekerja muncul dan bisa membuat Anda tidak bersemangat. Efeknya? Bisa saja malas bekerja atau kehilangan motivasi bekerja.

Salah satu kunci sukses berkarier adalah keikhlasan hati. Jika pekerjaan dengan sabar dan ikhlas, suatu saat, Anda akan memetik hasilnya.

Rajin Bekerja dan Pantang Menyerah

Bukan hanya PNS, karyawan lainnya yang rajin bekerja disukai oleh atasannya. Ketekunan dalam bekerja ini bisa membuat rapor penilaian Anda menjadi lebih baik. Selai itu, peluang promosi jabatan bisa menjadi lebih lebar.

Begitu pula dengan pantang menyerah. Di dunia karier, tantangan terus ada. Saat mengerjakan tantangan, peluang gagal juga ada. Jika menyerah di tengah jalan saat mengerjakan tugas, tentu saja karir Anda tidak akan baik.

Namun, jika bangkit dan memperbaiki kesalahan dalam mengerjakan tugas, kesempatan untuk sukses pun bisa semakin dekat untuk diraih. Saat Anda gagal mengerjakan tugas A, lalu mencoba untuk memperbaikinya kembali dan berhasil, siapa tahu atasan akan mempercayakan tugas-tugas berikutnya kepada Anda dan akan memberikan Anda penilaian yang bagus.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *